Sains & My Diery

Cara Asyik Buat Belajar Sesuatu

PENGERTIAN TATA SURYA

PENGERTIAN TATA SURYA

Tata surya terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang yang mengelilinginya. Objek-objek tersebut termasuk sembilan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, meteor, asteroid, komet, planet-planet kerdil/katai, dan satelit-satelit alami.

MATAHARI

  • Matahari merupakan bintang terdekat dengan Bumi yang menjadi pusat dari tata surya.
  • Jarak antara Bumi dan Matahari adalah 150 juta kilometer atau 1 SA.
  • Zat penyusun matahari berupa gas, dengan komposisi: hydrogen (75%), helium (20%), dan unsur lain (2%).
  • Suhu permukaan Matahari 6000 derajat Celsius dan bagian inti mencapai 15 juta derajat Celsius.
  • Matahari berotasi 25,04 hari dan mempunyai gravitasi 27,9 kali gravitasi Bumi.
  • Massa Matahari adalah 333.000 kali massa Bumi.
  • Matahari dibagi menjadi 3 bagian:
    • Inti Matahari. Di bagian ini terjadi reaksi nuklir(pengubahan hydrogen menjadi helium dan energi). Suhunya mencapai 15 juta Kelvin.
    • Bola Matahari/fotosfer
    • Atmosfer Matahari(terdidi dari kromosfer dan korona).
  • Lapisan kulit Matahari dibagi menjadi 3,yaitu:
  • Fotosfer
    • Kedalamannya 500 Km
    • Suhu fotosfer 6.000 Kelvin dan berkurang menjadi 4.500 Kelvin pada fotosfer bagian luar.
  • Kromosfer
    • Lapisan kromosfer menjulang 12.000 Km di atas fotosfer dan memiliki tebal kira-kira 2.400 Km.
    • • Suhu kromosfer bagian atasnya 10.000 Kelvin.
  • Korona(atmosfer Matahari bagian luar)
    • Suhu korona bagian luar mencapai 2 juta Kelvin.

PLANET

Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang(Matahari).
Pengelompokan planet:

  • Berdasarkan dijadikannya Bumi sebagai pembatas;
  1. Planet Inferor,yaitu planet yang orbitnya di dalam orbit Bumi mengitari Matahari.Planet yang termasuk planet inferior adalah Merkurius dan Venus.
  2. Planet Superior,yaitu planet yang orbitnya berada di luar orbit Bumi mengitari Matahari.Planet yang termasuk planet superior adalah Mars, Yupiter, Saturnus ,Uranus, Neptunus, dan Pluto.
  • Berdasarkan dijadikannya lintasan asteroid sebagai pembatas;
  1. Planet Dalam,yaitu planet yang orbinya di sebelah dalam lintasan asteroid.Yang tergolong planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  2. Planet Luar,yaitu planet yang orbitnya di sebelah luar lintasan asteroid.Anggota planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
  • Berdaarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya;
  1. Planet Terestrial/Kebumian,yaitu planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip dengan Bumi.Yang termask planet terrestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  2. Planet Jovian/Raksasa,yaitu planet yang sangat besar dan komposisi penyusunnya mirip Yupiter(terdiri dari sebagian besar es dan gas hydrogen).Yang tergolong dalam planet Jovian adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • Hukum Gerakan Planet:
  1. Hukum I Kepler:”Orbit(lintasan dalam mengitari Matahari) planet berbentuk elips dengan Matahari berada pada salah satu titik apinya.
  2. Hukum II Kepler:”Garis hubung planet-Matahari akan menyapu daerah yang sama luasnya dalam selang waktu yang sama.
  3. Hukum III Kepler:”Jarak rata-rata planet ke Matahari pangkat tiga dibagi periode sideris kuadrat merupakan bilangan konstan” atau “Pangkat dua kala revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak planet ke Matahari.

ini daftar-daftar  planet sampai saat ini.

ASTEROID

ª Asteroid adalah benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya kita.Asteroid adalah contoh dari sejenis planet kecil (atau disebut juga planetoida), namun jauh lebih kecil dari sebuah planet.

ª Asteroid berada dalam sebuah sabuk antara Mars dan Yupiter yang disebut sabuk asteroid.

ª Selama 200 tahun Ceres dianggap sebagai asteroid terbesar. Namun pada 23 Agustus 2001, telah ditemukan asteroid yang lebih besar daripada Ceres. asteroid ini bernama 2001 KX 76, lintasan orbitnya di dekat Pluto. Asteroid yang paling kecil mempunyai diameter beberapa puluh meter.

ª Sepuluh asteroid pertama yang ditemukan:

No

Nama

Penemu

Diameter(Km)

1

Ceres

Piazzi,1 Januari 1801

1003

2

Pallas

Olbers,28 Maret 1802

608

3

Juno

Harding,1 September 1804

250

4

Vesta

Olbers,29 Maret 1807

538

5

Astrea

Hencke,8 Desember 1845

117

6

Hebe

Hencke,1 Juli 1847

195

7

Iris

Hind,13 Agustus 1847

209

8

Flora

Hind,18 Oktober 1847

151

9

Metis

Graham,26 April 1848

151

10

Hygeia

De Gasparis,12 April 1849

450

KOMET

ª Komet adalah benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku.

ª Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet.

ª Ciri fisik:

Ketika komet menghampiri bagian-dalam Tata Surya, radiasi dari matahari menyebabkan lapisan es terluarnya menguap. Arus debu dan gas yang dihasilkan membentuk suatu atmosfer yang besar tetapi sangat tipis di sekeliling komet, disebut coma. Akibat tekanan radiasi matahari dan angin matahari pada coma ini, terbentuklah ekor raksasa yang menjauhi matahari.

Coma dan ekor komet membalikkan cahaya matahari dan bisa dilihat dari bumi jika komet itu cukup dekat. Ekor komet berbeda-beda bentuk dan ukurannya. Semakin dekat komet tersebut dengan matahari, semakin panjanglah ekornya. Ada juga komet yang tidak berekor.

ª Komet bergerak mengelilingi matahari berkali-kali, tetapi peredarannya memakan waktu yang lama. Komet dibedakankan menurut rentangan waktu orbitnya. Rentangan waktu pendek adalah kurang dari 200 tahun dan rentangan waktu yang panjang adalah lebih dari 200 tahun. Secara umumnya bentuk orbit komet adalah elips.

ª Komet terkenal

Komet Halley, muncul 76 tahun sekali.

Komet West

Komet Encke, muncul tiga tahun sekali

Komet Hyakutake

Komet Hale-Bopp

ª Komet dikelompokkan atas:

· Komet periodic,yaitu komet yang penampakannya dapat bilihat dalam selang waktu yang teratur.Contohnya;komet Halley dengan periode 76 tahun dan komet Encke dengan periode 3,3 tahun.

· Komet non-periodik,yaitu komet yang tidak dapat dipekirakan penampakannya karena periodenya sangat lama.

METEOROID,METEOR,DAN METEORIT

ª Meteoroid adalah batuan dalam ruang antar planet yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar sebesar gerbong kereta api.

ª Meteor adalah meteoroid yang masuk dalam atmosfer bumi dan menjadi panas dan berpijar karena gesekan dengan atmosfer Bumi.

ª Meteorit adalah sisa-sisa meteoroid yang mencapai permukaan Bumi.

ª Ada 3 macam meteorit yang dikenal,yaitu;

  1. Meteorit logam,memiliki unsur nikel dan besi.
  2. Meteorit batuan,memiliki unsure silkon.
  3. Meteorit campuran,memiliki unsu logam dan silikon.

Teori Terbentuknya tata surya?? apa aja??

About these ads

Februari 12, 2009 - Posted by | Geografi | , ,

63 Komentar »

  1. thx..U R so smart..

    Komentar oleh teddy | September 27, 2009 | Balas

  2. sumbernya dari mana ja tuh?????????????????????????? rujukannya gtz………….

    Komentar oleh tyoe | November 5, 2009 | Balas

    • dari hatiQ brow

      Komentar oleh opick | November 27, 2011 | Balas

  3. tanks dah bantu gw bikin peper…

    Komentar oleh cheepy | Januari 16, 2010 | Balas

  4. bagus tu………

    Komentar oleh alex | Januari 25, 2010 | Balas

  5. …tag bza dhy ungkap.kant dgant kta”.,
    .eit’s….
    .pkog.nua bagush duect….
    .T.O.P.B.G.T….
    .thx eah….

    Komentar oleh ellha | Februari 5, 2010 | Balas

    • ha apa okey

      Komentar oleh gilang | Januari 23, 2012 | Balas

  6. Nice ….

    Komentar oleh Aman | Februari 24, 2010 | Balas

  7. thank cz membikin q nmbah ilmu pngetahuan

    Komentar oleh Disa | Juni 30, 2010 | Balas

  8. thanks for the information……
    you are very smart….
    heheheeee…….

    Komentar oleh angga | September 18, 2010 | Balas

  9. pusing

    Komentar oleh devi | September 28, 2010 | Balas

  10. makasih yah..

    Komentar oleh adelina | November 7, 2010 | Balas

  11. alay banget sihh

    Komentar oleh benita | Desember 12, 2010 | Balas

  12. alay banget sih

    Komentar oleh benita | Desember 12, 2010 | Balas

  13. sankyuu banget.. >_<

    Komentar oleh Tsuki ^^ | Januari 18, 2011 | Balas

  14. Ada yang kurang. Unsur-unsur apa saja yang mendominasi planet-planet yang ada di tata surya?
    Tapi, informasi yang cukup membantu.
    Nice!

    Komentar oleh Farica Lucy | Januari 20, 2011 | Balas

  15. apa dah , alay amad biografi lo

    Komentar oleh Jauhar | Januari 22, 2011 | Balas

  16. sangat membantu ~~

    Komentar oleh erlaouw | Maret 18, 2011 | Balas

  17. makasih buat infonya… kalo bisa di tambah lagi dong!

    Komentar oleh ara | April 14, 2011 | Balas

  18. trimakasih infone…!

    Komentar oleh solikhin | Mei 25, 2011 | Balas

  19. thx

    Komentar oleh takka | Oktober 12, 2011 | Balas

  20. kurang lengkap :/

    Komentar oleh lilis | Oktober 19, 2011 | Balas

    • iia lo kurang lengkap … :(

      Komentar oleh myusadhii | Januari 25, 2012 | Balas

  21. thinkyuu…
    ni bantu banget buat bikin kliping, XD

    Komentar oleh Ratih | Oktober 29, 2011 | Balas

  22. Thanks yaa….
    Jd bs bkin tgs

    Komentar oleh Riska | November 1, 2011 | Balas

  23. hehehehe…

    Komentar oleh dinda caturini aliasdinda | November 17, 2011 | Balas

    • I LOVE YOU

      Komentar oleh aldo | Januari 30, 2012 | Balas

  24. klo planet ynk trrmcuk dalm n luarr tuuue z,ynk laenx kmnaaa..heeee

    Komentar oleh resha | November 19, 2011 | Balas

    • I NEED YOU

      Komentar oleh aldo | Januari 30, 2012 | Balas

  25. keren

    Komentar oleh nur | Desember 13, 2011 | Balas

    • I MISS YOU

      Komentar oleh ANGGA | Januari 30, 2012 | Balas

    • sama2 sayank

      Komentar oleh faozul kasep | Februari 7, 2012 | Balas

  26. thanks kk

    Komentar oleh muhammad rifki fahrezi | Desember 16, 2011 | Balas

  27. Thanks for the Information
    its very help me

    Komentar oleh Ihsan | Januari 10, 2012 | Balas

  28. Makasih pemberitahun nyy..
    : )

    Komentar oleh widia | Januari 28, 2012 | Balas

  29. makasih bantuannya

    Komentar oleh faozul kasep | Februari 7, 2012 | Balas

  30. maKasih

    Komentar oleh sengslowe lapanpuluh | Februari 26, 2012 | Balas

  31. thanks yha

    Komentar oleh bracuk | Februari 28, 2012 | Balas

  32. Wawwww is very good

    Komentar oleh icha | Februari 29, 2012 | Balas

  33. semua pengertian mengenai tata surya semua bagus-bagus…………

    Komentar oleh septian | Maret 10, 2012 | Balas

  34. sip

    Komentar oleh rosita | Maret 11, 2012 | Balas

  35. tanks atas pemberi thuan yea!!!!

    Komentar oleh ledis yelvyl | Maret 21, 2012 | Balas

  36. pengertian tata suryanya kurang lengkap!.. :(

    Komentar oleh Novie Anastasya | Maret 27, 2012 | Balas

  37. nambah ilmu nih…

    Komentar oleh alsifana | Maret 31, 2012 | Balas

  38. mksih ,,,buat nambah IP……

    Komentar oleh weren rano | April 2, 2012 | Balas

  39. suka

    Komentar oleh bojan | April 16, 2012 | Balas

  40. THANKS!!!=D
    FOR INFO NYA

    Komentar oleh PRMZ_TERUNA BANGSA | April 17, 2012 | Balas

  41. thanks!!!
    dah mbantu gue dengan info nya

    Komentar oleh PRMZ_TERUNA BANGSA | April 17, 2012 | Balas

  42. waaah makasih banget tugas gua selesai , minta nomernya dooong hehe

    Komentar oleh aditya | April 26, 2012 | Balas

  43. makaciii bangeets yoooo….. :)
    bantu bangeet!!

    Komentar oleh zenitha millenia mecca veranda | Mei 8, 2012 | Balas

  44. makasih atas ilmunya semoga anda kalau punya wawasan baru bisa dibagi!!!!

    Komentar oleh Sudarmintha di Makassar | September 3, 2012 | Balas

  45. so usefull…

    Komentar oleh ririn widyastuti | September 24, 2012 | Balas

  46. Ckup bgus,isi nya lngkp

    Komentar oleh Padly | Oktober 11, 2012 | Balas

  47. .

    Komentar oleh gydgbeyfvyf | Oktober 28, 2012 | Balas

  48. alay

    Komentar oleh null | Oktober 28, 2012 | Balas

  49. waaaaah tanks yaaaa, sebaiknya dikasih pegertian tentang gerhana . . yaaaaaaa

    Komentar oleh Reno | November 6, 2012 | Balas

  50. Ngebantu bgt nieh….. Thx eahh wt eankk punya

    Komentar oleh Anchyta Widyawati | November 10, 2012 | Balas

  51. i like this, thank you so much

    Komentar oleh yulia efita | Desember 2, 2012 | Balas

  52. Ini sangat bermanfaat sekali.

    Komentar oleh Egi Engran | Desember 12, 2012 | Balas

  53. Thanks for the information
    its very help me

    Komentar oleh nurul ikhsan | Februari 22, 2013 | Balas

  54. thanks yah

    Komentar oleh Ratna Yulia Andriyani | Maret 21, 2013 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: