Sains & My Diery

Cara Asyik Buat Belajar Sesuatu

PENGERTIAN DASAR NEGARA INDONESIA

PENGERTIAN DASAR NEGARA INDONESIA

1. Pengertian Dasar Negara

Dasar Negara adalah fandemen yang kokoh dan kuat serta bersumbar dari pandangan hidup atau falsafah(cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan Indonesia) yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

2. Proses Penyusunan dan Penetapan dasar Negara

a. Tahap Pembentukan BPUPKI

BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945 dan dilantik tanggal 28 Mei 1945.Pembentukan BPUPKI memberi kesempatan secara legal kepada Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan dan merancang UUD yang berisi dasar negara.

b. Tahap Penyusunan Konsep Rancangan Dasar Negara dan UUD

· Sidang Pertama BPUPKI(29 Mei s/d 1 Juni 1945)

Pada sidang ini K.R.T Radjiman Widyodiningrat(ketua BPUPKI), menyampaikan tentang dasar falsafah yang akan dibentuk bagi bangsa Indonesia.Usulan-usulan dasar Negara RI yang muncul pada sidang ini, antara lain:

o Mr. Moh. Yamin

Secara lisan;

1) Peri Kebangsaan

2) Peri Kemanusiaan

3) Peri Ketuhanan

4) Peri Kerakyatan

5) Kesejahteraan Rakyat

Secara tertulis;

1) Ketuhanan Yang Maha Esa

2) Kebangsaan Persatuan Indonesia

3) Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab

4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

5) Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

o Prof. Dr. R. Soepomo

1) Paham negara persatuan

2) Hubungan negara dan agama

3) Sistem badan permusyawaratan

4) Sosialisme negara

5) Hubungan antar bangsa

o Ir. Soekarno

Pancasila;

1) Kebangsaan Indonesia

2) Internasionalisme atau perikemanusiaan

3) Mufakat atau demokrasi ekonomi negara bersifat kekeluargaan

4) Kesejahteraan sosial

5) Ketuhanan yang berkebudayaan

Dapat diperas menjadi Trisila;

1) Sosionalisme

2) Sosiodemokratis

3) Ketuhanan

Dapat diperas lagi menjadi Ekasila;

1) Gotong royong

Pada sidang pertama BPUPKI belum tercapai kesepakatan tentang dasar Negara.Kemudian dibentuk panitia Sembilan.

· Panitia Sembilan

Anggota Panitia Sembilan adalah:

Ir. Soekarno

Abikusno Tjokrosoejoso

Drs. Moh. Hatta

H. Agus Salim

Mr. A.A. Maramis

Mr. Ahmad Soebarjo

K.H. Wahid Hasyim

Mr. Moh. Yamin

Abd. Kahar Muzakir

Pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan berhasil merumuskan dasar Negara Indonesia yang dikenal dengan Jakarta Charter(Piagam Jakarta).

Rumusan Dasar Negara Menurut Jakarta Charter

1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya.

2. Kemanusian yang adil dan beradab.

3. Persatuan Indonesia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

5. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

c. Sidang BPUPKI Kedua(10 s/d 16 Juli 1945)

Pada sidang kedua ini membicarakan tentang rancangan UUD Negara Indonesia dengan membentuk panitia kecil, yaitu;

· Panitia Kecil yang dipimpin oleh Ir. Soekarno

Ø Bertugas merumuskan rancangan Pembukaan UUD yang berisi tujuan dan asas Negara Indonesia.

· Panitia Kecil yang dipimpin oleh Prof. Dr. Mr. R. Soepomo

Ø Bertugas merumusakan rancangan batang tubuh UUD dan naskah proklamasi.

Pada tanggal 14 Juli 1945 telah diterima rancangan dasar Negara sebagaimana tersebut dalam Piagam Jakarta yang dicantumkan dalam Pembukaan dari rencana UUD yang sedang disiapkan.

d. Penetapan UUD 1945

Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI menetapkan:

1. Mengesahkan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945.

2. Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden RI dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden RI yang pertama.

3. Untuk sementara waktu, pekerjaan presiden sehari-hari dibantu oleh BP-KNIP.

Rumusan dasar Negara yang disahkan dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut;

a. Ketuhanan Yang Maha Esa

b. Kemanusuaan yang adil dan beradab

c. Persatuan Indonesia

d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

e. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

3. Pancasila Ditinjau dari Tekstualnya

Ditunaju dari tekstual, bahwa Pancasia sebagai dasar Negara Republik Indonesia tercantum dalam konstitusi Negara,yakni pada Pembukaan UUD 1945 alinea 4 (merupakan landasan konstitusional dan ideology Negara).

About these ads

Februari 13, 2009 - Posted by | PKN

84 Komentar »

  1. cukup membantu dalam mengejakan tugas terutama tugas kewarganegaraan

    Komentar oleh desy nurkhawarani | Maret 24, 2009 | Balas

    • siip

      Komentar oleh mokhamad ibnu sidik | Januari 4, 2012 | Balas

    • yc ckup mmbantu yc …

      Komentar oleh asep abdullah S.N | Mei 7, 2012 | Balas

  2. Ths buat tulisan na. bisa buat nambahin tugas kul.

    btw…… leh tau lebih tentang yang nulis????

    Komentar oleh Sandy | Mei 24, 2009 | Balas

  3. Thanks ats tulisanx, berkat tulisan ini saya bisa jawab pertanyaan yang diberikan oleh guru saya…
    Ha… Ha… 2009x

    Komentar oleh R4cHM4n | Juni 15, 2009 | Balas

  4. lumayan buat tambah-tambah bahan tugas kwn kelompok gua

    Komentar oleh Yuda | Juli 15, 2009 | Balas

  5. trims..

    tulisan ini sangat bantu saya…

    Komentar oleh joni | Juli 21, 2009 | Balas

  6. Seberapa yaaaa penting nya PANCASILA bagi bangsa kita ?????
    jika bisa pancasila di anti sama yang lebih pendek

    Komentar oleh SsN | Juli 28, 2009 | Balas

  7. SO apa sii fungsi PANCASILA bagi bangsa ???

    Komentar oleh She_imout | Juli 28, 2009 | Balas

    • trus gw harus blg wawwwwwwwwwwwwwwwwww gitu ama

      Komentar oleh mega | Januari 22, 2013 | Balas

  8. hmmm, thx ya…bisa bwt + tugas makalah gw..

    Komentar oleh winda | Januari 5, 2010 | Balas

  9. makasih ya !

    ngebantu gue bikin makalh nii .

    Komentar oleh manda | Januari 7, 2010 | Balas

  10. thankies banget buat yang bikin!
    tulisan ini saya copy-paste ya buat tugas kelompok PKN :P

    Komentar oleh alifa | Januari 11, 2010 | Balas

    • pkn lagi udah tau ips

      Komentar oleh raka | Juli 29, 2011 | Balas

  11. hi kog ada bpupki?o?

    Komentar oleh st3f1 | Januari 12, 2010 | Balas

  12. aq ingn , pra pmimpin qta bs ikt mplajari pancasila.

    Komentar oleh NorMii_laMpung | Januari 13, 2010 | Balas

  13. thankZ ya utk tmbh2 ilmU!!

    Komentar oleh hagai | Januari 15, 2010 | Balas

  14. MKSH

    Komentar oleh AGI | Januari 15, 2010 | Balas

  15. thank’s

    Komentar oleh Genki | Januari 17, 2010 | Balas

  16. thks . .tulisan ini sangat membantu saya dalam tugas sekolah. .

    Komentar oleh reta | Januari 25, 2010 | Balas

  17. thanks ya tas tulisanya tulisan qm mrngankan tgas ku. ow que mo tanya gie kalau hubungan dasar negara dengan konstitusi itu apa ya………..

    Komentar oleh upy | Januari 28, 2010 | Balas

  18. Pancasila dasar negara. Rakyat adil makmur sentosa. Pribadi bangsaku. Ayo maju! Maju!……

    Komentar oleh Nauval | Februari 8, 2010 | Balas

  19. terima KasIH ka ???

    Komentar oleh luthfan | Februari 12, 2010 | Balas

  20. seharusnya sebuah negara harus mempunyai dasar negara yang kokoh n dapat mengatur seluruh komponen negara secara baik dan adil.

    Komentar oleh moh. tohir | Februari 16, 2010 | Balas

  21. gua punya pertanyaan nih, kenapa yah pancasila nggak berubah mulai dari dulu ampe skarang. padahal kan dinegara lain udah berkali-kali diganti !!!

    Komentar oleh LuShouKenBumVi | Februari 16, 2010 | Balas

  22. makasih atas pengertian” nya

    Komentar oleh albar | Maret 14, 2010 | Balas

  23. senua akan mempermudah untuk membuat pr sekolah

    Komentar oleh albar | Maret 14, 2010 | Balas

  24. thanks nih

    Komentar oleh azwar | Mei 17, 2010 | Balas

  25. okey . . .makasih ya atas tulisanya alhamdullah ku sudahi juga ne tugas ku. . buat u met sukses. . .

    Komentar oleh musafa | Mei 23, 2010 | Balas

  26. thanks a lot of !!

    Komentar oleh paton | Juni 9, 2010 | Balas

  27. sangat membantu untuk mengingatkan kembali bahwa untuk menyusun dasar negara Indonesia amatlah berat,dan itu harus dihargai,mutlak bagi penerus bangsa untuk mempelajari dan mengamalkan…

    Komentar oleh wayan robeen | Juni 21, 2010 | Balas

  28. [...] kurang jelas, bisa lihat di blog sahabat kita ini [...]

    Ping balik oleh Apa yang Dimaksud dengan Dasar Negara? « The Big Family of GAMA '88 | Juli 29, 2010 | Balas

  29. thank ya atas bantuannya , skrng q jadi mudah buat belajar

    Komentar oleh titin | Agustus 1, 2010 | Balas

  30. ideologi pancasila harus tetap kita tegakkan

    Komentar oleh reno da dilva | Agustus 3, 2010 | Balas

  31. makasi .

    Komentar oleh vinda virgiani | Agustus 3, 2010 | Balas

  32. thankz yya…
    pr qq jdy trbntu…:D

    Komentar oleh umma | Agustus 6, 2010 | Balas

  33. PR itu dmna2 mudah kalok dikerjain ma temen….!!!wkwkwkwkwk
    jadi jangan siasiakan temen….hahahaha
    bercanda… jangan contoh artikelku ini….

    Komentar oleh sukmEt_kucrut | September 5, 2010 | Balas

    • low mao d contoh pun jg gk pha2 kok,,,hahahaha

      yg pntng bza ngibur DIRI n yg penting HATI jdi HAPPY…..

      Komentar oleh nisa | Mei 1, 2011 | Balas

  34. hm. . . makacie yah bwt data’x. . bza membantu. . . .

    Komentar oleh sadita noe limit cooldhezac | September 26, 2010 | Balas

  35. pengertian dasar negara indonesia

    Komentar oleh fipih | Oktober 15, 2010 | Balas

  36. 1 paham negara persatuan

    2 dari hubungan dari negara

    3 sistem badan permusyawaratan

    4 sosialisme negara

    5 hubungan antar bangsa
    6 paham kepada indonesia

    Komentar oleh sepitasari | Oktober 16, 2010 | Balas

    • setres kenapa

      Komentar oleh helmi yuniarti cemungut maymut | September 16, 2012 | Balas

  37. aku ganteng, terima kasih :))
    HAHA sory rada seteress…

    btw ini artikel boleh juga, buat tambahan ilmu ama buat ngerjain p’er :))
    makasih yaaaa :)

    Komentar oleh Zia Ganteng | November 3, 2010 | Balas

  38. thaks bgt y

    Komentar oleh ida | Januari 7, 2011 | Balas

  39. mksh.thanks bgt…cz q jd g pusing lg dh,hhheee

    Komentar oleh ida | Januari 7, 2011 | Balas

  40. tulisannya sangat berguna banget untuk tugas saya, pokoknya terima kasih banyak.

    Komentar oleh Eky Parista | Januari 12, 2011 | Balas

  41. mencintai tanah air bukan sekedar ucapan,,
    buktikan kalau anda semua memang anak indonesia

    Komentar oleh ceceheryandi | Januari 13, 2011 | Balas

  42. bguz

    Komentar oleh bayu setyawan | Januari 13, 2011 | Balas

    • eeeaaaa bguz skli

      Komentar oleh bayu setyawan | Januari 13, 2011 | Balas

  43. thx yyah

    Komentar oleh gish.gish | Januari 21, 2011 | Balas

  44. Thank’s for yhe info, so my task / my homework can be finished :D

    Komentar oleh Jeff Vernando | Januari 23, 2011 | Balas

  45. thanks yah………..

    Komentar oleh septi | Januari 26, 2011 | Balas

  46. kalau bisa di kasih dong dokumennya……………….?????????????

    Komentar oleh septianus waruwu | Januari 26, 2011 | Balas

  47. kalo boleh tau, ini sumbernya dari buku apa yah?

    Komentar oleh devia | Januari 27, 2011 | Balas

  48. makasih banyak….tugas ku bisa terbantu …

    Komentar oleh wira | Januari 28, 2011 | Balas

  49. mksih ya soalx kbetulan pas d srh nyarik tgs sejarah bwt presentasi mju k dpn kls :D

    Komentar oleh hafid | Januari 29, 2011 | Balas

    • nyari apa an

      Komentar oleh helmi yuniarti cemungut maymut | September 16, 2012 | Balas

  50. pucyiiiiiing deh mikirinya
    yang pnting tau pancasla ja kan dah cukup

    hheheheehehe

    Komentar oleh riski ari saputra | Februari 8, 2011 | Balas

  51. maakaaasih !! :D

    Komentar oleh jihyun | Februari 15, 2011 | Balas

  52. pertahanin terus dasar negara ……!
    jangan ganti dengan yang lain.

    Komentar oleh Ryan | Maret 6, 2011 | Balas

  53. terimakasih atas bantuannya,,,moga kita sukses selalu…. amin.

    Komentar oleh siti maryam | April 24, 2011 | Balas

  54. wahh….makaci y dah ngasi informasi yg tepat tux q,,,jdi mudah mat ngerja-in tugas dri gru,,,

    seneng rasa na,,….
    LEGA……hehehe

    Komentar oleh yasmine nadia khairunisa | Mei 1, 2011 | Balas

  55. nga salah kah tuh ,pengertian dasar negara

    Komentar oleh revol | Agustus 2, 2011 | Balas

  56. heheheheheh… :)

    Komentar oleh Siti Nur Zakiatussolihah Kiki | Agustus 7, 2011 | Balas

  57. ayo…aadek-adekk SD..SMP,,waktu ujian ini keluar ga?

    Komentar oleh Kezia Ayu Febriani | Agustus 29, 2011 | Balas

  58. hhahaaa klo tau d.snni adda ttg BPUPKI&PPKI mrent lyad adja d.snni bwd present .. huhh uddh klwat bru tauu ..

    Komentar oleh dhini | November 1, 2011 | Balas

    • ksiiand..ksiiand..ksiiand
      yng sbbar iie !!
      hhehee

      Komentar oleh dhini | November 1, 2011 | Balas

  59. .. mkch atas tulisan’a ,. ,. ,. bsa tau belajar lebih giat nie ,., .heheh

    Komentar oleh Shandhyshendy Suandhy YgGemezhint | Januari 12, 2012 | Balas

  60. membantu banget buat ngerjain tugas

    Komentar oleh bintang | Januari 17, 2012 | Balas

  61. mungkin dapat ditambahkan ke materinya tentang bagaimana akibat jieka suatu negara tak memiliki suatu dasar negara….!!!

    Komentar oleh blabla | Januari 19, 2012 | Balas

  62. thank C:

    Komentar oleh telo | Januari 22, 2012 | Balas

  63. makasih dah membantu…

    Komentar oleh yogi development | Januari 26, 2012 | Balas

  64. masih kurang gak ad substansi x

    Komentar oleh iyan | Januari 31, 2012 | Balas

  65. wahh….makaci y dah ngasi informasi yg tepat tux q,,,jdi mudah mat ngerja-in tugas dri gru,,,

    seneng rasa na,,….
    LEGA……hehehe

    Komentar oleh EFENDI HUSAIN | Februari 9, 2012 | Balas

  66. apkah pengerti negra mnurut ir.soekarno

    Komentar oleh helfajar | Agustus 26, 2012 | Balas

  67. bagus dech …..

    Komentar oleh Ichank Kerabat | September 19, 2012 | Balas

  68. membantuu bangett ;) !!

    Komentar oleh Citra simbolon | September 21, 2012 | Balas

  69. terima kasih sekarang tugas gw ga’pening lg…

    Komentar oleh fyra | Oktober 18, 2012 | Balas

  70. sangat membntu,,(y)
    thx yya

    Komentar oleh erlinha | Januari 7, 2013 | Balas

  71. tHANKS udah mAu nulisiN/ Membagi wawassanya lwat Blog ni…..btw kalu bole tanya nie….sy mau tanya ketika manusia melakukan kebohongan, kezholiman dan tindakan2 yang melanggar agama, secara otomatis akan menyiksa hati kecilnya jg akan berpengaruh pada jiwa seseorang……..????

    Komentar oleh Esria Hutagalung | Januari 10, 2013 | Balas

  72. mas, dasar negara menurut para ahli apa ya?

    Komentar oleh Abddiaz | Januari 22, 2013 | Balas

  73. mkasie atas infox.,.

    Komentar oleh liiunddien | Februari 14, 2013 | Balas

  74. terima kasih atas infonya,kunjungi kami http://www.unsri.ac.id

    Komentar oleh yulansi | Februari 18, 2013 | Balas

  75. makasih…..

    Komentar oleh iip | Maret 25, 2013 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: