Sains & My Diery

Cara Asyik Buat Belajar Sesuatu

Logam Natrium

Logam Natrium Mahal???????

Di semester ini kalasku mempelajari tentang elektrolisis….Tentu pelajaran kimia dunk…….

Di laboratorium, kita melakukan percobaan elektrolisis larutan CuSO4. Ada keasyikan tersendiri lho melakukan percobaan kimia tuw.Kadang kita ampe ketagihan buat mereksikan beberapa zat. Salah satunya percobaan elektrolisis nee. Di tiap elektrode terjadi reaksi yang beda-beda. Em,kalo elektrolisis larutan CuSO4 yang elektrodenya pake garafit terdapat endapan Cu di ujungnya, warnanya pink kekuningan.

Dari situ kita tahu kalo reaksi elektrolisis tuw bisa memisahkan unsure unsure dari larutan ato lebuan yang dielektrolisis dalam fase yang beda.

Kalian tau logam natrium yang wujudnya padat gak? Em,biasanya bentuknya lempengan trus warnanya putih keabu-abuan gitu. Kalo beli harga tiap kilonya mencapai Rp 250.000,00 lho.

Mahalkan?🙂


Tapi coba kita buat logam natrium sendiri dengan elektrolisis. Coba apa yang mengandung unsur Na dan mudah kita temui??????

Yupz….Garam dapur atau NaCl. Gampang kan nyari garam dapur?

Truz langkah selanjutnya:

1. Leburin garamnya.

2. Kalo dah dalam fase liquid, trus celupin 2 elektrode yang dah terhubung ama kutub positif dan negatif sumber arus DC. Elektrodenya bisa pakai batang grafit.

3. Liat apa yang ada di elektrode negatif!!!

Teeeeereng……Ada endapan kan????Nah,itu tuw endapan Natrium, hasil dari reduksi Na+(aq) dari leburan garam jadi Na dalam fase solit/padat.

Masih mo bilang lempeng natrium tuw mahal?????Cuma dari garam yang harganya gak lebih dari Rp 1.000,00 /kg…😕

Februari 4, 2009 - Posted by | Kimia | , ,

3 Komentar »

  1. Makaci ya ….. Infonya
    bisa bagi2 info gimana misahin Nitrogen,Hidrogen n Oksigen dari udara bebas.

    Makasih

    Komentar oleh Liquid | Juni 11, 2009 | Balas

  2. maksud dilebur itu

    Dilarutkan dalam air
    atau dibakar ampe larut

    lalu di masukaan dalam air

    lalu di elektrolisi …..begitu kah….?

    Komentar oleh mas andi | Februari 7, 2010 | Balas

  3. keren… elektrolisis i love it…
    hehehehe.. coba yang mengendap di katoda itu emas… asik deh..kaya deh… hehehehe(nyengir sendiri…)hahaha

    Komentar oleh REVIVAL | November 2, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: